DAY WITH PANTI

 

 

 

 

 

 

 

             Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas) merupakan salah satu departemen baru yang ada di  Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (BEM FEB UM) periode 2022. Terdapat dua divisi di Departemen Pengmas yaitu Divisi Internal dan Divisi Eksternal. Departemen Pengmas memiliki tupoksi menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berperan aktif di bidang kebermanfaatan sosial lingkungan FEB UM dan masyarakat luas. Tupoksi tersebut diwujudkan melalui beberapa agenda yang terdapat di Departemen Pengmas. Salah satu agenda yang ada di departemen tersebut yaitu DAY WITH PANTI.

         Agenda ini masuk dalam agenda divisi eksternal. Wujud agenda ini yaitu kunjungan ke panti asuhan secara berkala dengan bentuk kegiatan seperti mengajar dan santunan disesuaikan dengan kebutuhan panti asuhan terkait sebagai bentuk kepedulian BEM FEB UM terhadap pihak eksternal. Tujuan di adakannya DAY WITH PANTI itu bukan lain untuk membentuk kepribadian matang dan berdedikasi tinggi terhadap kepedulian sesama manusia. DAY WITH PANTI rencananya dilaksanakan sebanyak 3 kali kunjungan ke Panti Asuhan Darul Jundi yang ada di Kota Malang. Di setiap kunjungan, semua departemen yang ada di BEM FEB UM mendelegasikan 2-3 perwakilannya untuk mengikuti agenda tersebut.

          DAY WITH PANTI pertama dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2022 secara offline. Penanggung jawab DAY WITH PANTI pertama adalah Rizqi Islamul Haq. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dibuka dengan sambutan Ketua Departemen Pengmas dan dilanjutkan dengan sambutan ketua Panti Asuhan Darul Jundi. Setelah itu, masuk ke acara inti yaitu nonton film (Jembatan Pensil, dan Laskar Pelangi) dan belajar bersama (membuat origami) dengan anak-anak panti asuhan. Selama acara nonton bareng film dan belajar bersama, panitia BEM FEB UM membagikan snack kepada anak-anak panti asuhan. DAY WITH PANTI pertama ditutup foto bareng bersama anak-anak panti asuhan Darul Jundi.

           DAY WITH PANTI kedua dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2022 di Panti Asuhan Darul Jundi Kota Malang. Penanggung jawab DAY WITH PANTI kedua ini adalah Vera Tri Julianti. DAY WITH PANTI kali ini bertemakan kemerdekaan Republik Indonesia yang bertujuan menumbuhkan rasa nasionalisme anak-anak panti asuhan. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan sambutan dari ketua Departemen Pengmas dan ketua Panti Asuhan Darul Jundi. Acara dilanjutkan dengan persiapan lomba oleh panitia. Permainan yang dilombakan identik dengan lomba 17 agustusan seperti estafet kelereng, joget balon, estafet air, dan makan kerupuk. Pemenang dari setiap perlombaan pada akhir acara akan mendapatkan hadiah dari panitia. Setelah asik melakukan lomba, acara dilanjutkan dengan makan bersama anak-anak panti asuhan. Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba dilanjutkan dengan foto bersama.

           DAY WITH PANTI yang ketiga nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 5 November 2022 di Panti Asuhan Darul Jundi Kota Malang. Dengan sudah terlaksanakannya DAY WITH PANTI yang pertama  dan kedua, terdapat beberapa evaluasi dari agenda tersebut. Beberapa evaluasi tersebut adalah kurangnya persiapan yang matang dari panitia, lalu ketidaksesuaian waktu dengan rundown yang telah dibuat, serta kurangnya koordinasi dengan pihak panti asuhan pada saat mengadakan lomba 17 agustusan. Tentunya dengan adanya beberapa evaluasi ini diharapkan DAY WITH PANTI yang ketiga dapat berjalan lebih baik dari sebelumnya.

 

Akademik

BEM FEB UM 2022

#Pengmas #Day With Panti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *