LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA TINGKAT DASAR (LKMM-TD)

BEM FEB UM secara rutin menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) setiap tahunnya. LKMM-TD ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (BEM FEB UM) 2022. Program kerja ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa agar memiliki jiwa kepemimpinan serta meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi. Di tahun 2022 ini, Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar FEB UM 2022 mengusung tema “Birendra Saskara” yang memiliki makna pemimpin yang tangguh, bertanggung jawab, dan bijaksana dengan berpegang teguh pada kebenaran dan menjunjung tinggi kejujuran. Serta memiliki subtema “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Yang Kritis, Kreatif, Inovatif Guna Meningkatkan Integritas dan Solidaritas Dalam Berorganisasi”.

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) tahun 2022 dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Sabtu, 23 April – Minggu, 24 April 2022 secara online melalui zoom meeting dan diikuti oleh 64 peserta yang berasal dari perwakilan organisasi mahasiswa serta seluruh sub-bidang di FEB UM yang dibagi menjadi 10 kelompok. Peserta LKMM-TD 2022 ini akan dinilai oleh dewan juri yang berasal dari Dewan Mahasiswa Fakultas (DMF) FEB UM 2022 dan dari BEM FEB UM 2022. Pada LKMM-TD 2022 ini terdapat sistem gugur, dimana peserta yang gugur tidak mendapatkan sertifikat LKMM-TD. Peserta yang akan mendapatkan sertifikat adalah peserta yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 78 yang sudah ditentukan. Penilaian dilakukan dewan juri selama 2 hari pelaksanaan LKMM-TD menggunakan form penilaian yang disediakan panitia. Nilai akhir peserta nantinya akan dikurangi dengan poin pelanggaran yang dilakukan peserta selama LKMM-TD berlangsung.

Di hari pertama Sabtu, 23 April 2022, susunan acaranya yaitu; pembukaan, sambutan-sambutan, materi 1, ice breaking, materi 2, diskusi kelompok, dan penutupan. Acara dimulai pada pukul 08.45 WIB dengan pembukaan LKMM-TD 2022 oleh Wakil Dekan III FEB UM, Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si. Di hari pertama, terdapat dua pemateri yaitu Bapak Achmad Murdiono, S.E., S.Pd, M.M. dan Ibu Yuliati Hotifah, S.Psi, M.Pd. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Achmad Murdiono dengan materi “Membentuk Jiwa Kepemimpinan yang Kritis, Kreatif, dan Inovatif”. Materi kedua disampaikan oleh Ibu Yuliati Hotifah dengan materi “Menumbuhkan Integritas dan Solidaritas dalam Berorganisasi”. Materi disampaikan selama 45 menit dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 15 menit. Setelah pemateri memaparkan materinya, acara selanjutnya yaitu diskusi per kelompok (10), setiap kelompok mendapatkan 2 topik/materi diskusi, dimana materi diskusi dibuat oleh panitia seputar permasalahan yang ada dalam organisasi. Diskusi kelompok dipantau oleh Liaison Officer (LO) yang juga bertugas menyampaikan bahwa hasil dari diskusi kelompok di hari pertama akan dipresentasikan per kelompok di hari kedua. Acara ditutup dengan penyampaian tugas individu berupa membuat video tentang gaya kepemimpinan yang diupload di instagram pribadi peserta LKMM-TD.

Di hari kedua Minggu 24 April 2022, susunan acaranya yaitu; pembukaan, pemaparan materi, presentasi kelompok 1-10, Focus Group Discussion (FGD), dan penutupan. Pemateri di hari kedua LKMM-TD 2022 adalah Anggun Putri Wandira beserta Erlista M. yang membawakan materi “Administrasi dan Kesekretariatan dalam Berorganisasi”. Materi disampaikan selama 45 menit dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 15 menit. Acara dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi per kelompok pada hari pertama. Setiap kelompok mendapatkan waktu 10 menit untuk melakukan presentasi. Setelah sesi presentasi hasil diskusi, acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama FGD dilakukan selama 60 menit dimana peserta melakukan diskusi, pemaparan, dan mengkritisi materi yang diberikan oleh panitia. Di sesi kedua, FGD dilakukan dengan sesi debat antara 2 kelompok yang dipilih secara acak. Mosi debat yang digunakan yaitu “Saat ini terdapat isu pandangan mahasiswa mengenai organisasi di FEB yang cenderung stag dan tidak mengalami perkembangan yang signifikan. Berikan statement kalian mengenai hal ini”. Setelah sesi FGD selama 2 sesi, acara ditutup dengan pengumuman kepada peserta LKMM-TD oleh MC.

 

Setelah pelaksanaan program kerja LKMM-TD 2022 selesai, dilakukanlah rekap penilaian dewan juri yang mendapatkan hasil bahwa dari 64 peserta yang mengikuti LKMM-TD 2022 terdapat 28 peserta yang lolos sedangkan 36 lainnya tidak lolos karena mendapatkan nilai dibawah 78. Terdapat beberapa evaluasi untuk program kerja LKMM-TD 2022, diantaranya: 1) diperlukan plan B pada rundown acara untuk mengantisipasi adanya kemajuan atau kemunduran dari rundown yang telah dibuat, 2) peserta LKMM-TD kedepannya tidak harus dari delegasi ormawa atau su-bidang, melainkan dari mahasiswa yang berminat untuk mengikuti LKMM-TD. Dari adanya beberapa evaluasi tersebut, diharapkan program kerja LKMM-TD kedepannya berlangsung lebih baik lagi.

 

Akademik

BEM FEB UM 2022

#PSDM #LKMM-TD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *