APD : ADA PELATIHAN DISINI VOL.1

:

 

        Mempunyai banyak skill merupakan tuntutan bagi seorang mahasiswa, tujuannya tak lain adalah menunjang karir di masa depan. Salah satu skill yang penting untuk dikembangkan di era teknologi digital ialah desain grafis. Lalu bagaimana upaya BEM FEB UM dalam mengembangkan soft skill terutama pada kemampuan desain grafis di lingkungan FEB UM? Yuk simak artikel sampai habis!

          Ada Pelatihan Disini (APD) merupakan salah satu agenda Departemen Media Informasi (MEDFO) BEM FEB UM. Kegiatan ini sebagai wadah pengembangan soft skill terutama dalam hal editing yang kelak akan berguna di masa depan. Sasaran utama dari agenda ini yaitu mahasiswa  FEB UM. Renacananya agenda ini akan dilaksanakan sebanyak 3 kali dengan pembahasan yang berbeda-beda.

           APD Vol.1 telah dilaksanakan pada Sabtu, 30 Juli 2022 di Aula D13 FEB UM yang dihadiri kurang lebih 25 peserta dari anggota internal BEM FEB UM. Acara ini bertemakan “Become a Designer by being Creative on Canva

         “Tema ini kami pilih agar anggota internal BEM FEB UM dapat belajar bagaimana cara membuat banner dan template live report menggunakan aplikasi Canva. tidak hanya itu nanti kita akan bahas juga funfact dari canva, keyword apa aja yang bisa digunakan di canva, dan tips and tricks hasil editan kalian biar nggak biasa aja. Nah harapannya anggota internal BEM FEB UM bisa meningkatkan soft skill yang bermanfaat untuk kedepannya” Ujar Tina Ajeng, Sekretaris Departemen MEDFO

 

 

 

         Rangkaian acara APD Vol.1 dimulai pada pukul 10.00 diawali sambutan oleh Ketua Pelaksana yaitu Alfandi Wildan yang menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi peserta serta menyampaikan harapan setelah diadakannya APD Vol. 1 ini. Acara dilanjutkan oleh penyampian tentang Canva Funfact, Canva Shortcut, Canva Influencer, dan Canva Keyword and Secret Code. Dalam sesi ini terlihat antusias untuk bertanya, pasalnya beberapa peserta selama ini hanya jadi pengguna tanpa mengetahui lebih dalam tentang Canva.

            “Kalau mencari elemen apakah selalu menggunakan set:code?” Tanya Ajeng kepada pemateri

“Untuk pencarian elemen tidak harus menggunakan set:code yang telah ditampilkan ini, set:code ini hanya memudahkan kalian dalam mencari elemen. Kalau kalian bisa mencari secara manual” Ujar Rifal menjawab pertanyaan Ajeng.

         “Apakah jika mengambil template atau gambar yang ada di Canva untuk sebuah brand harus mencantumkan hak cipta?” Tanya Wanda kepada Rifal selaku pemateri.

             Dalam menjawab pertanyaan Wanda, Rifal menyatakan bahwa dalam mengambil template ataupun gambar dalam Canva, kita tidak perlu mencantumkan hak cipta kalau cuma dipakai biasa tapi kalau mau melegalitaskan maka kita harus mengurus ke Canva atau ke designer terkait.

Dengan penjabaran yang telah disampaikan oleh Rifal selaku pemateri, peserta menjadi lebih tahu mendetail tentang Canva.

 

 

        Rangkaian acara APD Vol.1 tidak berhenti pada penjelasan materi. Peserta juga diminta untuk mengikuti praktik yang telah didemontrasikan oleh pemateri di depan. Praktik yang didemontrasikan oleh pemateri yaitu pembuatan template live report dan pembuatan poster sebuah acara. Tak hanya mendemontrasikan, pemateri juga memberikan tips and tricks tentang menentukan warna, cara memilih elemen, cara menggunakan elemen, dan masih banyak lagi tips and tricks yang dibagikan. Di sesi praktik ini juga terdapat sesi ice breaking yang dipandu oleh Qinur selaku moderator kegiatan ini. Sesi ice breaking ini menjadi seru pasalnya terdapat pembagian doorprize jika peserta mampu menjawab pertanyaan yang telah dilempar oleh moderator. Walaupun waktu yang cukup terbatas, tidak menyurutkan antusiasme dari peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian APD Vol. 1 bahkan beberapa peserta tidak sabar untuk mengikuti agenda APD Vol. 2

“Waahh terima kasih MEDFO berkesan bangett APD Vol.1 nya. Ditunggu APD Vol. 2 nya yaa” ujar Florin, peserta APD Vol 1

         Ilmu yang didapatkan pada APD Vol. 1 ini selain untuk menambah soft skill  bagi peserta, juga nantinya dapat diterapkan pada pelaksanaan beberapa proker BEM FEB UM yang akan datang. Selain itu, nantinya APD selanjutnya juga akan meluaskan target sasaran. Sehingga nantinya tak hanya anggota BEM FEB UM saja yang menambah soft skill namun  seluruh mahasiswa FEB UM juga dapat menambah soft skill editing dalam APD ini.

Akademik

BEM FEB UM 2022

#MEDFO

#APD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *