BEM FEB UM TUNJUKKAN SEMANGAT MENJADI MANUSIA BERMANFAAT MELALUI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT

MALANG – Dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian pada masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (BEM FEB UM) melaksanakan program pengabdian masyarakat oleh Departemen Advokesma. Tempat dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini ialah Rumah Belajar Nusantara di Jl.Muharto Gg 7, Rt 12 Rw 10 Kel. Kota Lama Kec. Kedungkandang Kota Malang.

Kegiatan Belajar di Rumah Belajar Nusantara

Pengabdian masyarakat dilaksanakan setiap Hari Minggu pada Bulan Oktober 2021 pukul 08.00 hingga 10.30 WIB. Program yang dijalankan adalah program mengajar, dimana sasarannya ialah siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) di Rumah Belajar Nusantara sebanyak 40 orang. Dalam program ini, BEM FEB UM diwakilkan oleh 12 orang anggota dan juga berkolaborasi dengan komunitas Laskar Belajar sebanyak 7 orang sebagai pengajar setiap minggunya.

Ketika sampai di lokasi, persiapan dimulai dengan menata meja yang akan digunakan untuk kegiatan belajar. Setelah itu, tidak lupa mengawali pembelajaran dengan membaca doa. Kegiatan belajar mengajar pun dilaksankan dengan tertib dan menyenangkan. Tentunya juga diadakan games sehingga para siswa tidak merasa bosan dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Pada akhir kegiatan, ditutup kembali dengan membaca doa agar kegiatan yang telah dilakukan membawa keberkahan dan kebermanfaatan.

Proses belajar mengajar

Satu bulan berlalu, tepat pada Hari Minggu, 31 Oktober 2021 sampailah pada acara penutupan program pengabdian masyarakat. Terdapat beberapa rangkaian acara, yakni games, penyerahan bakti sosial yang terdiri dari alat kebersihan, alat tulis, dan buku bacaan seperti novel, buku cerita, buku paket pelajaran, dll. Pada akhir acara, dilakukan sesi foto bersama pembina, relawan pengajar, dan para siswa.

Penyerahan Bakti Sosial

Sesi Foto bersama Pembina, Relawan Pengajar, dan Siswa.

“Kami memperoleh banyak pengalaman dan tantangan. Kondisi siswa yang sangat aktif menyebabkan kami kewalahan pada awal pengabdian berlangsung, hal tersebut menjadikan kami harus lebih sabar dan mencari cara agar para siswa dapat patuh dan mengikuti kegiatan dengan baik. Apresiasi juga kepada teman-teman BEM FEB UM yang memberikan kontribusinya dalam pengabdian dan tetap mengajar dengan sepenuh hati” ucap Muhammad Ma’ruf, penanggung jawab program pengabdian masyarakat dari Departemen Advokesma.

Program pengabdian masyarakat yang diadakan oleh BEM FEB UM mendapat respon positif dari berbagai pihak yang terlibat, seperti relawan pengajar maupun para siswa itu sendiri. Tidak hanya masyarakat yang mendapatkan manfaat dari program ini, melainkan anggota BEM FEB UM sendiri mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga.

BEM FEB UM Bersama relawan pengajar

Melalui program ini, diharapkan anggota BEM FEB UM sebagai mahasiswa dapat memberikan sumbangsihnya dalam bidang pendidikan demi kemajuan pendidikan Indonesia. Selain itu juga dapat memberikan ilmu baru dan juga memotivasi para siswa disana agar terus belajar meskipun penuh dengan keterbatasan. Salam Pengabdian!

 

Penulis: Afifah Nur Asiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *