PPKM : PELATIHAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MAHASISWA OLEH DEPARTEMEN PSDM BEM FEB UM 2021

MALANG – Di masa pandemi COVID-19, tak jarang kita mendengar istilah PPKM. Eits, bukan hanya pemerintah Indonesia saja, BEM FEB UM juga memiliki agenda PPKM yakni Pelatihan Pengembangan Kemampuan Mahasiswa yang diadakan oleh Departemen PSDM. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan mengasah skill anggota internal BEM FEB UM. Agenda PPKM telah dilaksanakan sebanyak tiga jilid.
PPKM jilid satu diselenggarakan pada Hari Jumat, 20 Agustus 2021 di Aula D12 Lantai 3 dan juga disambungkan secara daring melalui Google Meet. Kegiatan ini mengangkat materi mengenai public speaking and master ceremony dimana narasumbernya adalah Salsabila Esya Kusdianti, salah satu anggota internal BEM FEB UM yang sudah mahir dalam bidangnya.

Penyampaian materi di Aula D12

Pada pukul 14.00 WIB, acara dibuka oleh moderator yaitu Leyana Candrika. Kemudian, disampaikan sambutan oleh penanggung jawab agenda dan juga ketua umum BEM FEB UM. Menginjak sesi inti yakni penyampaian materi, Salsabila Esya menjelaskan bahwa MC diibaratkan wajah dari sebuah acara, karena audience akan melihat dan menilai dari performa seorang MC. Modal bagi seorang MC antara lain percaya diri, fleksibel, manner, peka, dan juga cerdas. Salsabila Esya juga membagikan teknik dalam membawakan acara yaitu fokus
pada vocal, intonasi, artikulasi, aksentuasi, dan power. Ia juga menyampaikan agar ketika memandu acara tidak kehabisan nafas maka dianjurkan menggunakan pernafasan perut.

Penyampaian materi melalui Google Meet

Setelah itu masuk pada sesi tanya jawab, dimana peserta dipersilahkan mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang telah dilaksanakan. Tidak cukup sampai disitu, peserta juga diajak untuk praktik langsung seakan-akan sedang membawakan sebuah acara bersama narasumber. Peserta juga diberi penugasan untuk membuat video/rekaman menjadi MC agar para peserta terus berlatih dan terus mengasah kemampuannya. Terakhir, disampaikan kesimpulan dan acara ditutup oleh moderator.
Memasuki PPKM jilid dua yang dilaksanakan pada Hari Jumat, 3 September 2021 di Aula D12 Lantai 3. Kegiatan ini juga disambungkan secara daring melalui Google Meet agar anggota yang tidak dapat hadir ke kampus tetap bisa mengikuti kegiatan ini. Berbeda dengan PPKM sebelumnya, kali ini mengangkat materi etika berorganisasi yang disampaikan oleh Ketua BEM FEB UM yaitu Zulfikar Insanul Islam.

Penyampaian materi di Aula D12 Lantai 3

Dimulai pukul 15.00 WIB, acara dibuka oleh moderator yaitu Isfirori Nurhamidah. Sama dengan agenda PPKM sebelumnya, susunan acara kegiatan ini dimulai dengan sambutan-sambutan hingga memasuki acara inti penyampaian materi. Zulfikar menjelaskan bahwa menerapkan etika organisasi di BEM FEB UM yaitu dengan memahami budaya dan aturan-aturan yang ada, menerapkan garis koordinasi dengan baik, serta menghargai satu sama lain. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan diskusi studi kasus dan sesi tanya jawab oleh peserta kepada narasumber. Kegiatan pun diakhiri dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator dan penutupan.

Penyampaian materi melalui secara daring melalui Google Meet

Saatnya PPKM jilid tiga, terdapat hal yang menarik dimana kali ini agenda PPKM berkolaborasi dengan Departemen Medfo dalam agenda Ada Pelatihan Disini (APD). Mengangkat materi mengenal lebih dekat LinkedIn, kegiatan ini diselenggarakan pada Hari Jumat, 17 September 2021 di Aula D12 Lantai 3 dan juga disambungkan secara daring melalui Google Meet.

Penyampaian Materi di Aula D12

Peserta PPKM yang hadir di Aula D12

Narasumber pada agenda PPKM jilid tiga ini yakni Wakil Ketua BEM FEB UM, Bagas Tri Erianto dan dipandu oleh moderator Akbar Putra Prayogo. Bagas menjelaskan apa itu personal branding dan cara membuat personal branding khusunya pada LinkedIn. LinkedIn adalah social media yang digunakan banyak professional untuk menemukan pekerjaan dan mempelajari keterampilan untuk menunjang karir. Bagas juga menyampaikan keuntungan LinkedIn serta fitur-fitur yang ada pada LinkedIn.

Penyampaian materi melalui Google Meet

Sama dengan agenda sebelumnya, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada narasumber dan diakhiri dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator. Harapannya melalui agenda PPKM ini, anggota internal BEM FEB UM dapat merasakan manfaatnya untuk diterapkan dalam kehidupan dan berguna untuk masa depan.

991 – CN9671 – Blauw – Nike Air Max 1 By You Custom herenschoen – nike air max lays blue cheese commercial actor | nike air zoom tw 2009 brown and gold

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *