Mahasiswa UM Ciptakan Program P3 Untuk PKK Desa Kemiri

Kolaborasi Lima Mahasiswa Dari Tiga Fakultas  Berbeda, Mahasiswa UM Ciptakan Program P3 Untuk PKK Desa Kemiri

 

 

KOTA MALANG – P3 (Pendampingan, Produksi, dan Pemasaran) merupakan program pengabdian masyarakat  kepada kelompok PKK Desa Kemiri yang dilakukan oleh lima mahasiswa Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam KRUDOPPER TEAM sebagai tindak lanjut dari Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat yang lolos didanai oleh Ristekdikti.

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat sangat membutuhkan para pemuda sebagai agen penggerak dan perubahan. Sepatutnya Mahasiswa yang disebut Agent of Change melakukan aksi yang tak hanya tertuju pada urusan akademik ataupun urusan pribadi tapi juga tertuju pada masyarakat dan implementasi ilmu yang diperoleh di bangku kelas.

Pencipta program P3 yakni Krudopper Team terdiri dari Nur Indah Agustina (S1 Pendidikan Kimia 2016) selaku ketua, didampingi oleh dosen pembimbing Dr. Irma Kartika Kusumaningrum M.SI dan ditemani oleh  tim yang solid Wayan Aunur Rofiq (S1 Pendidikan Teknik Mesin 2016), Arfia Regita Dyan Pradana (S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 2016), Siti Khoirunnisa (S1 Kimia 2017), dan Rifqon Hakiki (S1 Pendidikan Kimia 2017).

Program P3 diawali dengan sosialisasi program kepada PKK Desa Kemiri yang diselenggarakan hari Jumat kemarin (19/4) dengan pemberangkatan tim pukul 07.00 WIB dari gerbang Veteran UM. Kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dengan rangkaian kegiatan berupa pembukaan, sosialisasi program P3 yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan dengan 8 kali pelatihan, penyerahan secara simbolis modul yang akan memudahkan warga dalam melaksanakan pelatihan program P3, dan penutup.

“Kendala terbesar yang kami alami selama ini sebenarnya dalam hal pemasaran mbak.” Ungkap ketua PKK dalam sambutannya di acara pembukaan. Penyebabnya salah satunya kondisi Desa Kemiri yang jauh dari pusat kota membuat pemasaran yang tidak berjalan sehingga kelompok PKK enggan mengolah hasil susu sapi perah yang melimpah dari Desa Kemiri Kecamaran Jabung Kabupaten Malang.

Faktor tersebut melatarbelakangi KRUDOPPER TEAM membuat serangkaian Program P3 yang  terdiri dari sosialisasi program, pelatihan pembuatan produk berupa permen susu, dodol susu, dan krupuk susu. Selanjutnya ada pelatihan mengemas produk yang desain kemasannya telah dibuat oleh tim, pelatihan pembukuan baik secara manual dan dengan bantuan microsoft excel, serta pelatihan pemasaran offline maupun online. Tak hanya itu, karena selain pelatihan, kelompok PKK akan didampingi untuk mengurus izin usaha seperti PIRT agar produk legal untuk dipasarkan secara luas.

Melalui program P3 diharapkan kelompok PKK yang sebelumnya non produktif menjadi produktif dengan terbentuknya kader P3 sebagai penggerak untuk melaksanakan program P3 hingga bisa mandiri untuk mendirikan usaha rumah tangga yang legal dalam memproduksi hasil olahan susu. Keberlanjutan program ini sangat diharapkan baik oleh Krudopper Team, Ristekdikti yang telah mendanai program ini, maupun kelompok PKK itu sendiri.

shock drop air force 1 full uv reactive | cheap nike hyperfuse 2010 2016 chart for kids free – nike dunk wedges white and green shoes Light Smoke Grey – Grailify

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *