BUSINESS TALK X SAPA ALUMNI

 

          Busines talk merupakan salah satu agenda departemen EKK yang berkolaborasi dengan departemen BMP yang memuat perbincangan mengenai bisnis. Melalui kanal youtube BEM FEB UM, mengundang alumni yang telah berhasil mendirikan bisnis atau narasumber lainnya yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Agenda ini bertujuan sebagai media informasi mengenai bisnis yang diperoleh dari para pebisnis. Business Talk bertujuan untuk memberikan inspirasi untuk membuka wirausaha kepada para mahasiswa.

            Pada Bisnis Talk kali ini yang berjudul “Bincang Bisnis Bareng Alumni” menceritakan mengenai proses berkembangnya bisnis penjualan kopi “Teman Sejati” dengan ownernya secara langsung. Artikel ini berisi kesimpulan cerita bagaimana asal mula Teman Sejati, proses berkembang menghadapi tekanan serta tantangan yang nantinya diharapkan mampu menginspirasi dan memotivasi mahasiswa FEB UM agar tertarik dan terjun ke dunia bisnis.

            Melimpahnya buah mangga di Pasuruan menjadi cikal bakal berkembangnya Kopi “Teman Sejati”. Ia melihat potensi buah mangga untuk dijadikan olahan pangan karena selama ini masyarakat masih bingung terhadap olahan khas Pasuruan. Masih banyak yang bertanya “Apa makanan khas Pasuruan ?”. Dimana hal ini menjadi awal mula berkembangnya kopi “Teman Sejati”. Owner “Teman Sejati” berusaha mengangangkat mangga Pasuruan melalui bisnisnya dengan cara mengolah buah mangga menjadi minuman yang diminati oleh masyarakat.

            Teman sejati running sekitar bulan Desember 2019. Mengapa dinamai Teman Sejati ? jawaban dari pertanyaan tersebut ialah pemberian nama “Teman Sejati” didedikasikan kepada ibu owner yang berperan sebagai teman sejati. Ibunya merupakan teman sejati yang selalu ada untuk owner dalam membuka usaha ini. Awal mula membuka usaha kopi berawal ketika dulu sebagai driver gojek. Ia melihat banyak peluang bisnis karena zaman Sekarang banyak jenis makanan dan minuman yang banyak diminati pembeli. Akhirnya, ia mencoba membuka usaha minuman. Bagi kalian mahasiswa Malang dapat mencoba berbagai macam varian minuman yang disediakan oleh Teman Sejati karena saat ini Teman Sejati bisa ditemui di Jl. Soekarno-Hatta, Kota Malang dan akan membuka cabang di Sigura – Sigura, Malang.

            Terdapat penawaran – penawaran menarik juga yang diberikan kepada seluruh mahasiswa FEB UM dengan cara cukup menunujukan KTM saat pembelian kopi “Teman Sejati”. BEM FEB UM melalui departemen EKK memberikan kemudahan mahasiswa FEB UM untuk memenuhi keinginan membeli kopi melalui kerjasamana BEM FEB UM dan “Teman Sejati”. Kerjasama ini berupa potongan harga pada pembelian kopi. Menarik sekali bukan?

            Di samping itu juga, Menurut unggahan kanal Youtube BEM FEB UM pada agenda Business Talk X Sapa Alumni, owner “Teman Sejati” juga menceritakan kesibukannya selama menjadi mahasiswa. Beliau pada saat itu merupakan mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi. Menurutnya, mengikuti organisasi bermanfaat mendapatkan relasi, mengenali orang dengan berbagai karakter, knowledge, manajemen waktu, dan lain-lain. Pada saat kuliah ia sudah sering mencoba berdagang. “Jika kita kumpul dengan penjual parfum, maka kita akan ikut terbau parfumnya” ucap owner Teman Sejati. Artinya, jika sekeliling kita merupakan lingkungan yang baik kita juga akan menjadi manusia yang baik pula.

            Owner  meminta kepada semua orang untuk memulai saja dulu dan jangan berlebihan overthinking. Kunci untuk membuka pasar adalah melakukan banyak riset. Ia menilai bahwa usia sebelum 25 tahun merupakan usia yang produktif dan waktu yang tepat untuk mencoba banyak hal. Kegagalan tidak selamanya negatif, jika kita gagal pada usia tersebut kita masih memiliki banyak waktu untuk bangkit lagi memperbaiki. Video selengkapnya bisa dilihat pada kanal youtube BEM FEB UM : https://youtu.be/5X2rsVnVgzA

 

Akademik

BEM FEB UM 2022

#BMP dan EKK #BusinessTalk X Sapa Alumni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *