PKKMB FEB 2022

        PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang merupakan serangkaian acara dalam menyambut teman-teman mahasiswa baru FEB UM Angkatan 2022/2023. Acara PKKMB  telah direncanakan secara matang agar dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru sebagai wadah dalam membantu beradaptasi dengan lingkungan fakultas, melewati masa transisi menjadi mahasiswa yang lebih dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru, memberikan bekal ilmu yang bermanfaat. dan dapat saling mengenal teman-teman angkatannya.

            Kegiatan PKKMB memiliki tujuan diantaranya; merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menerapkan nilai-nilai, dan bentuk-bentuknya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, melaksanakan program kerja BEM FEB UM Tahun 2022, sebagai wadah mahasiswa baru untuk lebih mengenal FEB UM, sebagai wadah dalam mempertemukan setiap jurusan yaitu Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan. Tema kegiatan ini adalah “Sinergi dalam Membanguun Karakter Mahasiswa yang Bermoral dan Berintelektual Sesuai dengan Nilai-Nilai Kebudayaan Bangsa Indonesia di Era Society 5.0”.

        Tahun ini pertama kalinya pasca pandemi, Universitas Negeri Malang sepakat melaksanakan seluruh rangkaian PKKMB secara offline. BEM FEB UM dengan kerjasama pihak kampus telah lama mempersiapkan acara PKKMB pada jauh-jauh hari agar acara tersebut dapat berjalan dengan lancar. PKKMB dilaksanakan pada tanggal 17 – 19 Agustus 2022 dengan jumlah peserta 1.300 mahasiswa baru.

            Pada tanggal 17 Agustus 2022, seluruh mahasiswa baru berkumpul di halaman D10 untuk diberikan arahan terkait acara PKKMB, kemudian menuju lapangan Graha Cakrawala untuk mengikuti upacara bendera bendera peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada hari itu juga mahasiswa melakukan konfigurasi paper mob di lapangan. Pada tanggal 18 Agustus 2022 dilanjutkan serangkaian acara PKKMB FEB 2022. Sama halnya pada hari sebelumnya bahwa seluruh mahasiswa baru dikumpulkan di halaman gedung D10 untuk mengenal jajaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

       Perbincangan antara jajaran Fakultas dengan mahasiswa baru FEB berjalan dengan baik. Terdapat banyak mahasiswa yang berani tampil ke depan untuk memperkenalkan diri dan bertegur sapa dengan audiens lainnya. Perbincangan di halaman gedung D10 tersebut berakhir pada pukul 09.00 WIB. Selanjutnya,  seluruh mahasiswa baru dimobilisasi oleh panitia ke gedung masing – masing yaitu gedung D7, D10, dan A20.

        Setelah mahasiswa baru ke gedung masing – masing, mahasiswa di dalam gedung disambut oleh MC. Pada hari itulah mahasiswa diberi dua pemateri untuk menambah pengetahuan mereka. Materi pertama yaitu Pengenalan Nilai Budaya dan Etika Kehidupan Kampus, Hak dan Kewajiban sebagai Mahasiswa UM yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Dilanjutkan dengan materi kedua yang tidak kalah asik yaitu Kiat Sukses Belajar di UM.

        Tidak berhenti disitu, PKKMB selanjutnya yaitu pada tannggal 19 Agustus 2022 mahasiswa langsung menuju gedung masing-masing. Pada hari itu acara dibuka oleh MC pada pukul 06.30 WIB. Terdapat dua pemateri, pemateri pertama memaparkan mengenai materi bimbingan dan konseling. Sebelum berlanjut ke materi selanjutnya, terdapat penyampaian jargon oleh mahasiswa baru. Pada materi kedua adalah materi mengenai perpustakaan. Materi kedua ini membahas bagaimana cara registrasi sebelum memasuki perpustakaan Universitas Negeri Malang, cara meminjam buku, peraturan dan larangan di perpustakaan Universitas Negeri Malang, dan cara mengakses perpustakaan Universitas Negeri Malang secara online. Semua berjalan dengan lancar dan seru. Tidak ingin menyembunyikan rasa penasaran, banyak mahasiswa baru yang bertanya kepada para pemateri untuk mengetahui lebih dalam mengenai layanan bimbingan konseling dan perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Disamping keseruan yang berlangsung tentunya mahasiswa baru tidak boleh melupakan segala bentuk peraturan pada PKKMB FEB UM. Sehingga, para panitia dalam acara tetap melakukan pengecekan kedisiplinan seperti atribut, tutur kata, sopan santun, dan jam kedatangan. Hal itu dilakukan untuk menjadikan mahasiswa baru yang berbudi pekerti luhur, disiplin agar acara dapat berjalan dengan semestinya. Untuk menambah keseruan pada serangkaian acara PKKMB yang dilaksankan pada tanggal 17 – 19 Agustus 2022, mahasiswa baru mengikuti ice breaking agar situasi lebih mencair serta menambah keseruan. Akhir acara PKKMB 19 Agustus 2022 ditutup pada pukul 10.00 WIB secara bersamaan antara tiga gedung yaitu D7, D10, dan A20.

 

Akademik

BEM FEB UM 2022

#BMP #PKKMB FEB UM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *