D-CREV 2021 : PERGELARAN KOMPETISI DESAIN POSTER DAN FOTOGRAFI SE-INDONESIA OLEH BEM FEB UM

MALANG – Pada 7 Agustus 2021 telah berlangsung kegiatan Digital Creative Competition (D-CREV) 2021 dengan mengusung tema “Visual Branding Communication : Pamor Daerah”. D-CREV merupakan salah satu event bergengsi yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM). Event ini merupakan ajang kompetisi nasional di bidang desain poster dan fotografi yang menjadi salah satu program kerja tahunan. Terdapat lima sub tema yang dilombakan yaitu Nature, Social, Culture, Culinary, dan Education.
Selain kompetisi, terdapat rangkaian acara yakni workshop yang dilaksanakan di akhir periode kompetisi untuk menutup event ini. Dalam kompetisi kategori lomba fotografi diikuti sebanyak 47 peserta dan kategori lomba desain poster diikuti oleh 18 peserta dari masyarakat umum seluruh Indonesia dengan menghadirkan lima dewan juri yang profesional di bidangnya untuk menilai karya terbaik peserta yaitu dosen DKV Fakultas Sastra UM yaitu Drs. Sarjono, M.Sn ; Gunawan Susilo, S.Sn., M.Sn ; dan Yon Ade Lose Hermanto, S.Sn., M.Sn. Selain itu, Cahyo Priyo Purnomo selaku Opt Departemen Komunitas Fotografi Telkom dan juga Anna Maska selaku Graphic Designer.

Dewan Juri D-CREV 2021

Periode pelaksanaan lomba fotografi dan lomba desain poster dimulai pada tanggal 6 Juli 2021 dan berakhir pada tanggal 30 Juli 2021 dengan mengambil tiga juara terbaik dan satu juara favorit dalam masing-masing kategori lomba. Pengumuman juara beserta awarding dilaksanakan pada akhir rangkaian acara Workshop D-CREV 2021.
Workshop tingkat nasional ini bertemakan “Let’s Maximize Your Editing Skill to Brand Products in the Industry”. Workshop dimulai pukul 08.00 WIB dengan mengundang pemateri hebat Reymond Lee selaku founder dari Lee Design dan menangani packaging dari beberapa brand besar seperti Wong Coco, Khong Guan dan Campina Ice Cream ini sukses mencapai target peserta yaitu sekitar 850 orang dari kalangan mahasiswa dan umum. Diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting, acara dengan topik desain kemasan yang menarik ini juga dipandu oleh moderator yang luar biasa yaitu Ibu Adelia Shabrina Prameka S. E., M. M., MBA selaku dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Workshop D-CREV 2021

Pemaparan materi dengan judul “Maximize Your Editing Skills to Brand Products in the Industry” dilaksanakan selama 60 menit dan terdapat sesi demonstrasi tutorial step by step pembuatan desain kemasan selama 30 menit. Reymond Lee menjelaskan mengenai pentingnya kemasan produk untuk mempengaruhi konsumen, sebagai alat untuk melindungi produk, dan alat komunikasi yang menjelaskan kandungan ataupun cara pemakaian produk kepada pembeli.
Dijelaskan juga bahwa terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan guna mempengaruhi konsumen, hal ini bisa terjadi sebelum dilakukan pembelian ataupun saat terjadinya transaksi pembelian. Peserta workshop juga terlihat antusias yang ditunjukkan dengan keaktifan peserta dalam mengajukan beberapa pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan. Adapun demonstrasi pembuatan desain kemasan yang mencakup beberapa langkah sebagai berikut; 1) pembuatan sketsa; 2) pendekatan melalui logo; 3) penentuan strategi dalam merancang produk; dan 4) penting untuk memaksimalkan setiap langkah/upaya dalam membuat kemasan suatu produk.

Pemaparan oleh Pemateri

Menginjak penghujung acara, diumumkan para juara kompetisi Digital Creative Competition (D-CREV) 2021. Pada kategori lomba fotografi, Juara 1 diraih oleh Muhammad Febri Akbar Perkasa dengan judul karya Pacu Jawi ; Juara 2 diraih oleh Dikye Ariani dengan judul karya nature ; Juara 3 diraih oleh M.Sabin Arya Mahendra dengan judul karya Pacoa Jara dan Juara favorit diraih oleh Aisyah Suri Priyanggodo Putri dengan judul karya Asmaraloka.


Awarding D-CREV 2021 Kategori Fotografi

Selain itu, pemenang dalam kategori desain poster yakni Juara 1 diraih oleh Hans Budi Liemantara ; Juara 2 diraih oleh Devina Ayu ; Juara 3 diraih oleh Rojan Raul, serta Juara favorit diraih oleh Ilham Alifian

Awarding D-CREV 2021 Kategori Desain Poster

Masing-masing juara dari kedua kategori tersebut mendapatkan penghargaan berupa sejumlah uang pembinaan, sertifikat, dan vandel. Harapannya, melalui acara ini masyarakat luas mendapatkan wadah untuk menuangkan kreatifitas serta menambah ilmu dan pengetahuan dalam bidang desain dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *