BEM FEB UM SUKSES MENYELENGGARAKAN NATIONAL ESSAY COMPETITION 2021

MALANG – Badan Eksekutif Mahasiswa FEB Universitas Negeri Malang telah sukses menyelenggarakan salah satu program kerja besar tingkat nasional yaitu National Essay Competition (NEC) pada bulan Mei lalu. NEC merupakan kompetisi ajang nasional yang mewadahi mahasiswa dari seluruh Indonesia dalam bidang kepenulisan yaitu essay.

NEC pada tahun 2021 mengangkat tema yakni “Aksi Generasi Z Menciptakan Inovasi Dalam Menyambut Era Bonus Demografi 2030”. Terdapat 5 sub tema yang dilombakan, yaitu Pendidikan, Ekonomi, Teknologi, Sosial, dan Pariwisata. Kompetisi ini diikuti sebanyak 63 Tim dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Indonesia. NEC diselenggarakan secara daring karena kondisi pandemi covid-19 yang tak kunjung usai dan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut mulai tanggal 28 – 30 Mei 2021 yang ditutup dengan acara Webinar Nasional.

National Essay Competition (NEC) dimulai pada hari Jum’at, 28 Mei 2021 pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh Bapak Drs. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si. selaku wakil dekan 3 FEB UM.

Sambutan Oleh Bapak Drs. Hadi Sumarsono

Acara NEC ini juga dihadiri oleh 3 juri yang luar biasa sebagai tim penilai dalam kompetisi ini yaitu Ibu Inayati Nuraini Dwiputri, S.Si, M.Sc selaku Dosen Jurusan Ekonomi Pembangungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Bapak Aulia Luqman Aziz, S.S., S.Pd., M.Pd selaku Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, dan Bapak Djoko Sigit Sayogo, S.E., M.Acc., Ph.D selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang.

Dewan Juri NEC 2021

Setelah acara resmi dibuka, dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana NEC 2021 BEM FEB UM, llma Muta’alimin. Dalam sambutannya, ia mengucapkan “NEC bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh mahasiswa di Indonesia untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasinya dalam menyongsong Bonus Demografi tahun 2030. Harapannya melalui kegiatan NEC ini seluruh mahasiswa di Indonesia yang berpartisipasi dapat mengimplementasikan gagasan untuk Indonesia yang lebih Maju”

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi technical meeting serta sesi tanya jawab bagi 10 besar finalis National Essay Competition. Harapannya, melalui sesi ini babak presentasi yang akan dilaksanakan keesokan harinya dapat berjalan lancar.

Penyampaian Materi Technical Meeting

Memasuki Hari Sabtu, 29 Mei 2021 tepat pukul 09.00 WIB acara dimulai. Sebelum memasuki babak presentasi, dilakukan pengundian nomor urut peserta menggunakan aplikasi random picker serta pembacaan peraturan dan tata tertib presentasi. Berdasarkan hasil undian, akhirnya seluruh finalis tampil mempresentasikan karyanya dengan penuh antusias walaupun dengan keadaan terbatas secara virtual melalui aplikasi zoom. Setiap tim diberikan waktu 20 menit dengan alokasi waktu 10 menit penyampaian hasil karya dan 10 menit sesi tanya jawab dengan dewan juri. Acara berjalan lancar dan berakhir pukul 15.00 WIB.

Babak Presentasi Finalis NEC 2021

Menginjak hari terakhir yaitu Minggu, 31 Mei 2021 serangkaian kegiatan National Essay Competition (NEC) yakni Webinar Nasional BEM FEB UM 2021. Sejalan dengan NEC, Webinar ini  bertemakan “Bonus Demografi 2030: Peran Generasi Z Untuk Mewujudkan Indonesia yang Lebih Unggul”. Dalam acara ini mengundang dua pemateri hebat yaitu, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc. (Wakil Gubernur Jawa Timur) dan Parama Pradana Suteja (Mahasiswa Harvard University Digital Creator). Acara juga dipandu oleh seorang moderator yaitu Ibu Vika Annisa Qurrata, S.E., M.E. selaku dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Penyampaian Materi pada Webinar NEC 2021

Pertama, dilakukan pemaparan materi “Preparing Indonesia’s Golden Generation In Facing Industrial Revolution 4.0 Era” oleh Kak Parama Pradana Suteja. Peserta webinar sangat antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab hingga tidak semua pertanyaan dapat dijawab oleh Kak Parama Pradana Suteja mengingat waktu yang terbatas. Selanjutnya, penayangan video dari Pak Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc dikarenakan beliau berhalangan hadir dan tidak dapat menyampaikan materinya secara langsung.

Penayangan Video dari Pak Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc

Sampailah pada penghujung acara, diumumkan para juara National Essay Competition 2021 yaitu :  Juara 1 dimenangkan oleh Panik Ga Tim dari Universitas Negeri Malang ; Juara 2 dimenangkan oleh PetaniE Team dari Universitas Gajah Mada ; Juara 3 dimenangkan oleh Ukim Team dari Universitas Negeri Surabaya ; Best Essay dimenangkan oleh AOC Team dari Universitas Negeri Malang ; serta Best Speaker dimenangkan oleh Panik Ga Tim dari Universitas Negeri Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *